• Minggu, 14 Agustus 2022

Ini Kata Ahli Bedah Soal Kondisi Justin Bieber Usai Didiagnosis Menderita Sindrom Ramsay Hunt

- Senin, 13 Juni 2022 | 14:58 WIB
Justin Bieber didiagnosis mengidap sindrom Ramsay Hunt yang mengakibatkan separuh wajahnya lumpuh. (Kolase tangkapan layar instagram.com/justinbieber)
Justin Bieber didiagnosis mengidap sindrom Ramsay Hunt yang mengakibatkan separuh wajahnya lumpuh. (Kolase tangkapan layar instagram.com/justinbieber)

bicaranetworkJustin Bieber secara mengejutkan mengumumkan dirinya didiagnosis menderita sindrom Ramsay Hunt yang menyebabkan separuh wajahnya lumpuh.

Melihat kondisi tersebut, seorang ahli bedah spesialis kelumpuhan wajah asal Inggris Charles Nduka mengatakan, kondisi penyanyi Justin Bieber telah menunjukkan tanda-tanda pemulihan awal.

"Saya memperhatikan dalam video yang dibagikan oleh Bieber, tampaknya ada beberapa tanda bahwa dia sedang pemulihan," kata Nduka, sebagaimana dikutip dari Reuters pada Minggu (12/6).

 Baca Juga: Khilafatul Muslimin Buat Nomor Induk Warga Gantikan e-KTP

Nduka menjelaskan bahwa saat mengalami kelumpuhan wajah, salah satu tanda yang paling jelas adalah pasien tidak dapat menutup mata secara penuh saat berkedip dan tidak dapat tersenyum.

"Sebelum senyumnya pulih, hal pertama yang akan terjadi adalah wajah yang semakin simetris saat beristirahat. Jadi, pangkal hidung sering sedikit terangkat dan mulutnya menjadi lebih rata. Dalam video yang dibagikan, saya bisa melihat beberapa tanda pemulihan awal," ujarnya.

Menurut Nduka, sekitar 75 persen dengan sindrom tersebut bisa sembuh total jika dia mendapatkan pengobatan sejak dini.

 Baca Juga: Resmi Rilis, Ini Fitur Huawei Watch Fit 2 Beserta Harganya

Dia pun mengingatkan pentingnya bagi orang-orang yang bekerja di industri hiburan untuk mengatasi masalah apapun yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sebelum kembali bekerja. Pasalnya, menurut dia, orang yang bekerja di industri tersebut kerap mendapatkan tekanan agar dapat kembali bekerja sesegera mungkin.

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: Reuters, Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penculik Anjing Lady Gaga Dihukum Penjara Enam Tahun

Jumat, 12 Agustus 2022 | 10:55 WIB

Olivia Newton-John Meninggal Dunia, Australia Berduka

Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:25 WIB

Ayah Eunhyuk Super Junior Meninggal Dunia

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 07:59 WIB
X