• Kamis, 6 Oktober 2022

Kiat Memilih Produk Kosmetik yang Aman dari Dokter Spesialis Kulit

- Kamis, 14 Juli 2022 | 15:32 WIB
Ilustrasi kosmetik. (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)
Ilustrasi kosmetik. (Unsplash/Towfiqu Barbhuiya)

bicaranetwork.com - Untuk mencegah kemungkinan efek jangka panjang, dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Listya Paramita, Sp.KK membagikan kiat-kiat bagi konsumen dalam memilih produk kosmetik yang aman ketika digunakan pada kulit.

“Nomor satu, jelas dan tidak bisa ditawar, kalau kita mau membeli produk-produk (kosmetik) yang ada di Indonesia yang aman dan legal itu jelas yang ada nomor izin edar BPOM-nya. Kita bisa cek nomor di website atau aplikasi,” ucap dokter spesialis kulit lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) itu dalam acara yang diikuti secara daring, Kamis.

Dokter spesialis kulit itu juga mengingatkan agar konsumen tetap memastikan legalitas kosmetik produk buatan luar negeri dengan mengecek nomor izin edar yang diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan setempat, misalnya produk buatan Amerika maka legalitasnya dapat dicek melalui Food and Drug Administration (FDA).

Baca Juga: Tiga Ganda Putra Indonesia Lolos ke Perempat Final Singapore Open, Ini Namanya

Berdasarkan pengalaman pasien yang ia tangani, Listya mengatakan penjual kosmetik ilegal masih mengeluarkan dalih bahwa nomor izin edar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) produk mereka sengaja disembunyikan agar tidak ditiru oleh kompetitor.

“Itu jawaban yang aneh banget. Tidak ada ceritanya nomor BPOM disembunyikan. Itu kan aturan untuk bisa dijual secara bebas dan legal,” ujarnya.

Bahkan, ada pula penjual yang berdalih nomor izin edar produk masih dalam proses namun telah memiliki hasil uji laboratorium. Jika menemukan dalih seperti ini, Listya menganjurkan agar konsumen menunda untuk membeli produk tersebut sampai izin dari BPOM diterbitkan untuk menghindari pengelabuan oleh penjual-penjual yang nakal.

Baca Juga: Pemerintah Jepang Peringatkan Penyebaran Kasus COVID-19 Melonjak Cepat

Selain mengecek nomor izin edar, Listya mengingatkan agar konsumen selalu memastikan kelengkapan komponen yang tertera pada kemasan produk, mulai dari nama produk, komposisi dan bahan, tanggal kedaluwarsa, cara penggunaan, nama produsen, serta tempat produksi.

Halaman:

Editor: Muhammad Rodhi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

WHO Uji Laboratorium COVID-19 di Indonesia

Jumat, 30 September 2022 | 14:21 WIB

Dokter: Ibu Hamil Wajib Jaga Kadar Gula Darah

Rabu, 28 September 2022 | 17:45 WIB

BRIN: Foto Toraks dan TCM Bantu Temukan Tuberkulosis

Rabu, 28 September 2022 | 17:28 WIB

Pakar: 60 Persen Wilayah Indonesia Endemis Rabies

Rabu, 28 September 2022 | 17:18 WIB

Asupan Gizi Seimbang dan Aman Kunci Tumbuh Kembang Anak

Selasa, 27 September 2022 | 20:59 WIB
X