• Minggu, 14 Agustus 2022

Waspadai Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 pada Anak, Ini Cara Penanganannya

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:57 WIB
Ilustrasi - Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 pada anak. (Pexels/Min An)
Ilustrasi - Gejala Diabetes Melitus Tipe 1 pada anak. (Pexels/Min An)

bicaranetwork.com - Saat ini penyakit diabetes melitus tidak hanya diderita oleh orang dewasa. Kasus Diabetes Melitus Tipe 1 (DM1) juga ditemukan pada anak-anak.

Oleh karena itu, orang tua harus lebih waspada dan mengetahui gejala Diabetes Melitus Tipe 1 pada anak agar segera ditangani dan tetap bisa mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Dokter spesialis anak dari Universitas Padjajaran Faisal Al Bukkar menjelaskan, DM1 adalah kondisi serius di mana kadar glukosa darah meningkat terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat membuat hormon insulin.

 Baca Juga: Kru dan Pemain 'Extraordinary Attorney Woo' Bakal Liburan ke Bali Pekan Depan

Keadaan ini disebabkan oleh reaksi autoimun, dimana sistem pertahanan tubuh menyerang sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin.

Akibatnya, tubuh hanya memproduksi sedikit insulin atau tidak sama sekali. Selain itu, kondisi genetik seseorang dan lingkungan juga menjadi penyebab dari DM1.

Lebih lanjut, tipe ini tidak memandang usia dan umumnya dialami oleh anak-anak atau dewasa muda. International Diabetes Federation (IDF) Atlas 10th Edition 2021 mencatat ada sebanyak 1.211.900 anak-anak dan remaja di bawah umur 20 tahun diperkirakan menderita Diabetes Tipe 1 secara global.

 Baca Juga: Ini Harga dan Fitur Nissan XTrail Terbaru 2022 Generasi Keempat

Bahkan, diperkirakan ada sekitar 108.200 anak dan remaja di bawah 15 tahun terdiagnosis setiap tahun. Jumlah ini meningkat menjadi 149.500 jika rentang usianya mencapai di bawah 20 tahun.

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Ini 10 Buah Yang Baik untuk Jaga Kadar Gula Darah

Sabtu, 16 April 2022 | 14:59 WIB
X