• Minggu, 22 Mei 2022

Aplikasi PeduliLindungi Kini Bisa Digunakan di Uni Eropa

- Kamis, 12 Mei 2022 | 14:32 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Belgia merangkap Luxemburg dan Uni Eropa Andri Hadi saat audiensi virtual dengan Forum Komunikasi Masyarakat Perhutanan Indonesia (FKMPI) di Jakarta. (ANTARA/HO-FKMPI/am)
Duta Besar Indonesia untuk Belgia merangkap Luxemburg dan Uni Eropa Andri Hadi saat audiensi virtual dengan Forum Komunikasi Masyarakat Perhutanan Indonesia (FKMPI) di Jakarta. (ANTARA/HO-FKMPI/am)

bicaranetwork - Uni Eropa telah mengesahkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di wilayahnya mulai 11 Mei 2022.

Pengesahan itu dilakukan melalui keputusan pelaksanaan yang memuat pengakuan kesetaraan atas sertifikat vaksinasi yang dikeluarkan oleh Indonesia, menurut keterangan KBRI Brussels yang diterima di Jakarta, Kamis.

Melalui pemberlakuan penyetaraan itu, maka QR code yang ada di aplikasi PeduliLindungi dapat terbaca di 27 negara anggota Uni Eropa. Dengan demikian, warga Indonesia yang akan berkunjung ke Uni Eropa tidak perlu lagi mendaftarkan QR Codenya secara terpisah.

 Baca Juga: Wolves vs Man City 1-5, Kevin De Bruyne Borong 4 Gol

Dengan saling pengakuan ini, maka QR Code dalam sistem Uni Eropa juga dapat terbaca di Indonesia sehingga warga Uni Eropa yang bepergian ke Indonesia tidak perlu lagi mengunduh aplikasi PeduliLindungi, kata KBRI Brussels.

Pengesahan itu, menurut pihak KBRI, menandakan pengakuan Uni Eropa atas efektivitas sistem sertifikat vaksinasi Indonesia.

Dalam upaya interoperabilitas itu, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan telah melalui proses yang cukup panjang dengan Komite Sertifikat Digital Covid Uni Eropa yang bersama-sama mengawal penyetaraan teknis serta aspek legalitasnya.

 Baca Juga: Jangan Panik, Kemenkes Sebut Hepatitis Akut Tidak Berpeluang Pandemi

Duta Besar RI untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa Andri Hadi mengatakan bahwa aksi saling pengakuan ini merupakan bentuk nyata penguatan kerja sama Uni Eropa (EU) dan Indonesia serta memperlihatkan pentingnya posisi Indonesia bagi EU.

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

23 Kabupaten/Kota Masih Terapkan PPKM Level 3

Selasa, 10 Mei 2022 | 22:24 WIB
X