• Minggu, 14 Agustus 2022

Kapuas Hulu Dilanda Banjir, 2984 Rumah Warga Terendam

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 15:35 WIB
Banjir merendam permukiman rumah warga di Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. (ANTARA/Teofilusianto Timotius)
Banjir merendam permukiman rumah warga di Kelurahan Kedamin Hilir, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. (ANTARA/Teofilusianto Timotius)

bicaranetwork.com - Banjir yang terjadi sejak Jumat (5/8) pagi telah menyebabkan sedikitnya 2.984 rumah tergenang.

Banjir ini berdampak pada 13.335 warga di lima wilayah kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Korban banjir rata-rata memilih bertahan di rumah yang terendam banjir dengan membuat panggung, ada juga yang mengungsi ke (rumah) keluarga," kata Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan kepada di Putussibau, Kapuas Hulu, Sabtu.

Baca Juga: Ini Perbedaan Gejala Subvarian Covid BA.5 dengan Varian Lainnya

Ia mengatakan, luapan air Sungai Kapuas, Sungai Mendalam, dan Sungai Sibau serta anak-anak sungai tersebut membanjiri desa-desa di wilayah Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Pengkadan, Seberuang, dan Selat Hilir.

Menurut BPBD, banjir antara lain meliputi Desa Sibau Hulu, Sibau Hilir, Tanjung Lasa, Padua Mandalam, dan Pala Pulau serta Kelurahan Hilir Kantor dan Putussibau Kota di wilayah Kecamatan Putussibau Utara.

Banjir juga menggenangi Desa Tanjung Lokal, Bungan, dan Tanjung Jati serta Kelurahan Kedamin Hilir dan Kedamin Hulu di Kecamatan Putussibau Selatan.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Redmi 10 5G, Harga Rp2 Jutaan

Selain itu, banjir melanda Desa Pengkadan Hilir di Kecamatan Pengkadan, Desa Sejiram Jerenjang di Kecamatan Seberuang, dan Desa Miau Merah di Kecamatan Silat Hilir.

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Pemalang Ditangkap KPK

Jumat, 12 Agustus 2022 | 07:02 WIB
X