• Kamis, 8 Desember 2022

BMKG: Gempa M6,4 di Pantai Barat Aceh Tak Berpotensi Tsunami

- Sabtu, 24 September 2022 | 12:46 WIB
Peta kejadian gempa bumi magnitudo 6,4 di pantai selatan Kota Meulaboh, Aceh Barat, Provinsi Aceh pada Sabtu (24/9/2022) pukul 03.52.59 WIB. (ANTARA/HO.BMKG)
Peta kejadian gempa bumi magnitudo 6,4 di pantai selatan Kota Meulaboh, Aceh Barat, Provinsi Aceh pada Sabtu (24/9/2022) pukul 03.52.59 WIB. (ANTARA/HO.BMKG)

bicaranetwork.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan gempa tektonik bermagnitudo 6,4 yang mengguncang kawasan di pantai barat Aceh, Sabtu pagi, tidak berdampak tsunami.

"Tidak menimbulkan dampak tsunami, permukaan laut tidak menunjukkan dampak kenaikan. Di sana ada alat pengamatan permukaan laut dan dinyatakan tidak timbul perubahan signifikan pada permukaan laut," kata Deputi Geofisika BMKG Suko Prayitno Adi dalam konferensi pers Perkembangan Pasca-Gempa Bumi Aceh yang diikuti dari YouTube BMKG di Jakarta, Sabtu.

Ia mengatakan gempa bumi itu dipicu aktivitas subduksi lempeng segmen Megathrust Aceh-Andaman sebab aktivitas Megathrust di kawasan barat Sumatera berstatus aktif.

 

Berdasarkan hasil pengamatan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, kata Suko, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Ia mengatakan estimasi peta tingkat guncangan mencapai skala intensitas IV-V Modified Mercalli Intensity (MMI) yang berpotensi merusak.

Hingga pukul 09.00 WIB hari ini, Suko belum menerima laporan korban meninggal dunia akibat kejadian itu.

"Kalau dilihat dari intensitasnya, kemungkinan kerusakan hanya yang kecil-kecil saja. Sampai saat ini belum ada korban dilaporkan meninggal," katanya.

 

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Gempa Terkini, Sukabumi Diguncang Gempa Magnitudo 5,8

Kamis, 8 Desember 2022 | 08:33 WIB

BMKG Catat 40 Gempa Susulan di Jember

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:09 WIB
X