• Jumat, 9 Desember 2022

Kurangi Emisi Karbon, SDN Duren Sawit 14 Gunakan Panel Surya Sebagai Sumber Energi

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 18:58 WIB
Sekolah Dasar Negeri Duren Sawit 14 Jakarta Timur, Jakarta, Selasa (4/10/2022). (ANTARA/HO-Dinas Pendidikan DKI Jakarta)
Sekolah Dasar Negeri Duren Sawit 14 Jakarta Timur, Jakarta, Selasa (4/10/2022). (ANTARA/HO-Dinas Pendidikan DKI Jakarta)

bicaranetwork.com - Sekolah Dasar Negeri (SDN) Duren Sawit 14 Jakarta Timur menggunakan panel surya sebagai sumber energi dalam upaya mengurangi emisi karbon.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur, Linda Romauli Siregar di Jakarta, Selasa, mengatakan bahwa sekolah tersebut termasuk salah satu yang mengusung konsep bangunan rendah emisi (net zero carbon) di Jakarta.

 

"Tidak ada emisi karena pengurangan penggunaan lampu yang dayanya menggunakan tenaga surya. Ada di atas panelnya. 30 persen tenaganya dari panel surya," kata Linda.

Linda menambahkan bangunan SDN Duren Sawit 14 yang telah direnovasi total itu dibuat dengan rancang bangun gedung yang mengoptimalkan ventilasi alam dan pencahayaan alami.

Hal tersebut dapat mengurangi emisi gas karbon akibat penggunaan energi listrik selama kegiatan belajar mengajar di ruang kelas.

"Ruangannya itu kan temboknya banyak dari kaca dengan sendirinya sinar matahari bisa tembus sehingga mengurangi penggunaan lampu," ujar Linda.

 

Linda mengatakan dengan konsep bangunan hijau (green building) yang diterapkan pada SDN Duren Sawit 14 diharapkan dapat memajukan pendidikan serta berkontribusi terhadap lingkungan.

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: Antara

Tags

Terkini

X