Waspada! Ini 10 Lokasi yang Berpotensi Alami Pergerakan Tanah di Jakarta

- Kamis, 1 Desember 2022 | 21:55 WIB
Sejumlah petugas SDA (Sumber Daya Air) merapikan material bangunan warung amblas di saluran penghubung Pulomas, Jakarta Timur, Jum'at (24/1/2020). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Sejumlah petugas SDA (Sumber Daya Air) merapikan material bangunan warung amblas di saluran penghubung Pulomas, Jakarta Timur, Jum'at (24/1/2020). (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

bicaranetwork.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta masyarakat mewaspadai potensi pergerakan tanah di 10 titik atau lokasi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada Desember 2022.

"Kepada lurah, camat dan masyarakat untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Kamis.

Isnawa menjelaskan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memetakan beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di zona menengah diperkirakan terjadi pergerakan tanah.

Adapun 10 lokasi itu yakni Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu dan Pesanggrahan.

 Baca Juga: Siapa Jerry Lawson? Sosok yang Muncul di Google Doodle dalam Bentuk Game Interaktif

Selanjutnya di Jakarta Timur, meliputi wilayah Kecamatan Kramat Jati dan Pasar Rebo.

Pada zona itu, kata dia, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Sedangkan pada zona tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Isnawa menjelaskan perkiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BMKG Prediksi Hujan Petir Guyur Jakarta Siang Ini

Selasa, 7 Februari 2023 | 06:23 WIB

Ketua MPR Dorong Pengembangan Jalur Khusus Sepeda

Minggu, 5 Februari 2023 | 09:27 WIB

Pegawai Sudin KPKP Jaksel Alami Pembegalan di Ragunan

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:54 WIB
X