• Minggu, 3 Juli 2022

Warga Keturunan Arab di Palu Rayakan Tradisi Iwwadh

- Selasa, 3 Mei 2022 | 18:30 WIB
Sejumlah warga yang tergabung dalam komunitas Islam keturunan Arab di Kota Palu, Sulawesi Tengah, merayakan tradisi Iwwadh atau biasa disebut lebaran Arab, Selasa (03/05/2022). (ANTARA/Kristina Natalia)
Sejumlah warga yang tergabung dalam komunitas Islam keturunan Arab di Kota Palu, Sulawesi Tengah, merayakan tradisi Iwwadh atau biasa disebut lebaran Arab, Selasa (03/05/2022). (ANTARA/Kristina Natalia)

bicaranetwork - Sejumlah warga yang tergabung dalam komunitas Islam keturunan Arab di Kota Palu, Sulawesi Tengah, merayakan tradisi Iwwadh atau biasa disebut lebaran Arab, Selasa.

"Seperti biasanya kita laksanakan di Toko Nadoly yang menjadi toko pertama di Kota Palu dan tradisi ini kerap dilaksanakan pada hari kedua Idul Fitri," kata Farid Jafar Nassar, seorang tokoh keturunan Arab di Kota Palu, Selasa.

Menurut Farid, tradisi Iwwadh ini sudah digelar sejak puluhan tahun yang lalu oleh warga yang tergabung dalam komunitas Islam keturunan Arab di Kota Palu.

 Baca Juga: Refleksi Idul Fitri: Lahirnya Pemimpin Yang Merakyat

Dalam tradisi ini warga keturunan Arab akan berkumpul dan bernyanyi bersama serta berjabat tangan saling memaafkan satu dengan yang lain.

"Bersilaturahim dari rumah ke rumah sesama warga keturunan Arab dan tradisi ini hanya diikuti oleh kaum Adam," kata Farid.

Farid menyebutkan, Iwwadh artinya adalah kembali dengan makna saling mengunjungi dan memberi salam di setiap rumah. Saat pandemi COVID-19 selama dua tahun tradisi ini ditiadakan.

 Baca Juga: Haji Faisal dan Keluarga Lakukan 'Ritual' Ini untuk Kenang Vanessa-Bibi Saat Lebaran

"Tradisi ini kami rayakan setiap hari kedua Idul Fitri," tuturnya.

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Temanggung Surplus Produksi Cabai

Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:02 WIB

Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Kalimantan Barat

Jumat, 1 Juli 2022 | 06:54 WIB

Laporan DPKP Tangerang: Wabah PMK Makin Meluas

Jumat, 17 Juni 2022 | 15:49 WIB

BPBD Pacitan Pantau Dampak Gempa Bermagnitudo 5,2

Minggu, 12 Juni 2022 | 16:42 WIB
X