• Minggu, 3 Juli 2022

Hadiri Haul Guru Tua, Sakinah Aljufri DPR Dorong Pemerintah Perhatikan Alkhairaat

- Rabu, 11 Mei 2022 | 21:57 WIB
Anggota DPR Dapil Sulteng Sakinah Aljufri menyampaikan sambutan pada seremonial pembukaan Haul Guru Tua Festival Raodhah, di Palu, Rabu malam (11/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)
Anggota DPR Dapil Sulteng Sakinah Aljufri menyampaikan sambutan pada seremonial pembukaan Haul Guru Tua Festival Raodhah, di Palu, Rabu malam (11/5/2022). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

bicaranetwork - Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Sakinah Aljufri meminta pemerintah agar memperhatikan keberlangsungan dan pengembangan pendidikan Alkhairaat yang didirikan Guru Tua.

"Pemerintah Pusat agar memperhatikan Alkhairaat. Bagaimana kiprah Alkhairaat di kawasan timur Indonesia, Alkhairaat menjadi pusat pendidikan Islam terbesar," kata Sakinah Aljufri, dalam sambutannya pada Haul Guru Tua Festival Raodhah, di Palu, Rabu malam.

Mengenai dorongan Sakinah Aljufri, Habib Sayyid Idrus bin Salim Aljufri (Guru Tua) adalah ulama besar yang menghibahkan perjalanan hidupnya untuk kepentingan masa depan pembangunan bangsa di bidang pendidikan dan dakwah Islam di Tanah Air melalui Alkhairaat.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Indonesia Anjlok 10,99 Dolar per Barel

Sakinah menjelaskan pada 14 Muharram 1349 Hijriah atau 30 Juni 1930 Masehi, dibukalah dengan resmi Madrasah Alkhairaat yang didirikan oleh Guru Tua di Palu. Peresmian saat itu dihadiri wakil Pemerintah Belanda, Raja Palu Djanggola, tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar Kota Palu. Perjuangan Alkhairaat terhitung dimulai sejak 1928.

Sejarah mencatat, katanya, antusias masyarakat lembah Palu akan pentingnya pendidikan keagamaan. Alkhairaat kemudian menjadi cahaya yang terang benderang menyinari warga Kota Palu dan sekitarnya, mengikis kepercayaan tradisional dinamisme (mistik) dan animisme.

Dalam masa perjuangan dakwahnya, kata Sakinah, Guru Tua telah berhasil membangun 420 madrasah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia bagian timur, Sulawesi, Maluku, Kalimantan dan Papua. Semuanya adalah saksi nyata akan dakwah dia yang tak mengenal lelah, yang kini telah mencapai lebih dari 1.700 madrasah.

Baca Juga: DPRD Resmi Bentuk Pansus Jakarta Perpindahan IKN Resmi, Ini Alasannya

Alkhairaat memiliki jenjang pendidikan, mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga SLTA, tersebar di seluruh Indonesia, utamanya di kawasan timur. Selain itu, Alkhairaat juga memiliki perguruan tinggi Universitas Alkhairaat di Kota Palu.

Halaman:

Editor: Muhammad Rodhi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Temanggung Surplus Produksi Cabai

Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:02 WIB

Gempa Magnitudo 5.0 Guncang Kalimantan Barat

Jumat, 1 Juli 2022 | 06:54 WIB

Laporan DPKP Tangerang: Wabah PMK Makin Meluas

Jumat, 17 Juni 2022 | 15:49 WIB

BPBD Pacitan Pantau Dampak Gempa Bermagnitudo 5,2

Minggu, 12 Juni 2022 | 16:42 WIB
X