• Kamis, 8 Desember 2022

Kolom Sultan Yohana - pelajaran hidup dari perempuan perkasa

- Rabu, 29 Desember 2021 | 13:16 WIB
Ilustrasi perempuan perkasa. (Pixabay)
Ilustrasi perempuan perkasa. (Pixabay)

Pengantar: Di Singapura, Sultan Yohana menemui manusia-manusia biasa yang kuat, yang dari mereka dia mendapatkan dan mencatat pelajaran hidup. Juga dari seorang perempuan perkasa yang kali ini jadi inspirasi kolomnya.

Yang jahat dan yang baik, baginya punya alasan untuk hadir agar kehidupan manusia berputar. Itulah inti penting dari pelajaran hidup dari kehidupan itu sendiri. Kita bukan orang yang bisa mengubah segalanya. Kita bisa mengejar keinginan kita, tapi seperti perempuan perkasa yang ia tuliskan ini, keperkasaan itu justru tampak ketika kita menerima segala yang menyakitkan.

Selamat menikmati dan mengkhidmati lagi kolom Sultan Yohana tentang pelajaran hidup dari perempuan perkasa.

Sebulan lalu, ia baru menjalani operasi kecil. Ia mengidap kanker payudara yang masih stadium awal. Satu minggu kemudian, ia harus kembali kerja.

Baca Juga: Hikmah dan kisah motivasi tentang maut dan orang yang menyelamatkan hidup Anda

Balik kerja, ia lebih banyak tertawa-tawa! Seperti tidak memiliki masalah apa-apa. Seperti gaya yang diperlihatkannya, sebelum-sebelumnya.

Tapi, bahkan dari otot-otot lengannya yang bertonjolan, aku kira-kira bisa menebak, hidup seperti apa yang selama ini ia jalani.

Ia lahir dari daerah konflik. Besar sebagai anak melarat, ia memilih pergi ke Singapura untuk menjadi pembantu rumahtangga. Takdir membawanya menikahi lelaki Singapura yang belakangan menikah lagi dengan seorang perempuan Singapura. Ia terpaksa mempertahankan rumahtangganya demi anak semata wayang.

Tinggal bersama mertuanya yang brengsek. Saya membayangkan, bagaimana hatinya tidak tercabik-cabik, ketika tiap malam, pikirannya terlayang pada suaminya yang sedang meniduri perempuan lain. Juga tentang kanker yang dideritanya. Pekerjaan keras yang tiap hari harus dihadapinya. Dan anaknya yang, sialnya, butuh begitu banyak biaya untuk sekolahnya.

Halaman:

Editor: Hasan Aspahani

Sumber: FB Sultan Yohana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X