Apple Akan Rilis Fitur 'Lockdown Mode', Ini Fungsinya

- Jumat, 8 Juli 2022 | 13:52 WIB
Ilustrasi Apple. (Pixabay/Michael Ghaida)
Ilustrasi Apple. (Pixabay/Michael Ghaida)

bicaranetwork.com - Apple dikabarkan akan merilis "lockdown mode" sebuah fitur pada perangkat komunikasi besutannya dengan menambah lapisan perlindungan tambahan.

'Lockdown Mode' tersebut dihadirkan untuk para pengguna yang kerap berpotensi besar mengalami penyadapan atau terkena serangan peretasan oleh aplikasi spyware (aplikasi pengintai).

Disiapkan rilis pada musim gugur yang artinya berkisar di September hingga Desember 2022, 'Lockdown Mode' akan sangat berguna untuk orang-orang yang aktif seperti aktivitas HAM hingga politikus dari partai oposisi.

 Baca Juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Tertembak di Dada dan Leher

Melansir Reuters, Kamis (7/7), mode ini dihadirkan setelah dua perusahaan spyware asal Israel mengeksploitasi kelemahan perangkat lunak Apple dan akhirnya membobol iPhone-iPhone target tertentu dari jarak jauh.

Salah satu serangan yang terkenal akibat pembobolan ponsel jarak jauh itu seperti aplikasi Pegasus milik NSO Group yang akhirnya membuat Apple melakukan langkah lebih lanjut di jalur hukum.

AS bahkan telah memasukkan Pegasus sebagai aplikasi yang berbahaya dan masuk ke daftar hitam.

 Baca Juga: WHO Temukan Dua Orang di Ghana Meninggal Akibat Terinfeksi Virus Marburg

"Lockdown mode" akan hadir di iPhone, iPad, hingga Mac memungkinkan pengguna bisa memblokir sebagian besar lampiran yang dikirim ke aplikasi pesan di masing-masing perangkat.

Halaman:

Editor: Nur Fitriyani

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tokopedia Hadirkan Instrumen Investasi Reksa Dana

Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:45 WIB

Microsoft Uji Coba Bar Pencarian Windows 11

Kamis, 14 Juli 2022 | 12:12 WIB
X